Selamat datang di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Buol

  • 0852 4032 6060
  • bapenda@buolkab.go.id

Bapenda menerima dokumen laporan hasil evaluasi SAKIP dari Sekretaris Daerah Kabupaten Buol

Bapenda menerima laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) dari Sekretaris Daerah Kabupaten Buol.

Jum'at 03 September 2021, Bertempat di Aula Lantai II Kantor Bupati Buol.

Proses panjang yang dilalui oleh Bapenda Kab. Buol dalam penyusunan dokumen penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) atas implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 29 tahun 2014 yang merupaka sebuah terobosan reformasi birokrasi dalam perbaikan tata kelola pemerintahan daerah dan sistim manajemen.

SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk bertujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Tujuan SAKIP ini ialah menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat, terwujudnya transparansi instansi pemerintah, terwujudnya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional maupun daerah serta terpeliharanya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Penyelenggaraan SAKIP dilaksanakan untuk menghasilkan sebuah laporan kinerja yang berkualitas serta selaras dan sesuai dengan tahapan tahapan seperti Rencana Strategis, Perjanjian Kinerja dari Pimpinan Daerah ke Pimpinan Instansi kemudian di tindak Lanjuti oleh Pimpinan Instansi kepada bawahannya agar dapat menjalankan rencana kinerja dengan sungguh-sungguh dan benar.

Bapenda Kab. Buol sendiri, penilaian pada tahun 2021 atas pelaksanaan akuntabilitas kinerja tahun 2020 merupakan salah satu dari dua Instansi yang mendapat Predikat dengan Nilai (A) bersama Dinas Ketahanan pangan dan Pertanian Kabupaten Buol.

Semoga tahun berjalan akan terus meningkatkan pelayanan dan dapat mendorong pencapaian tersebut, bahkan target Bapenda agar kedepan bisa mendapat prestasi dari pemerintah pusat (Nasional).

Bapenda menerima dokumen laporan hasil evaluasi SAKIP dari Sekretaris Daerah Kabupaten Buol