Selamat datang di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Buol

  • 0822 9378 7980
  • bapenda@buolkab.go.id

Bapenda Mengikuti Penggunaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kabupaten Buol

Bapenda Kabupaten buol mengikuti kegiatan Pemetaan, Pemuktahiran dan penginputan program kegiatan dan Sub. Kegiatan Tahun 2021 melalui sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Pelaksanaan kerja sistem informasi merupakan Tahun pertama dilakukan diseluruh daerah di indonesia. hal ini merupakan bentuk integrasi program kegiatan pemerintah dalam pembangunan daerah dengan pemerintah pusat, sebagaimana di atur dalam Permendagri No.70 Tahun 2019 Tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah dan Permendagri No.90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah. 

Seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi, Pemerintah terus menerus membuat terobosan membuat aplikasi-aplikasi online 'daring' berbasis website. Terobosan tersebut, secara bertahap dan berjenjang turut diaplikasikan oleh Pemerintah Daerah. dari keseluruhan aplikasi yang  ada, kemudian diintergrasikan dalam satu sistem yang  diberi nama Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau SIPD.

Menteri Dalam Negeri RI memberlakukan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah dan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah. Pemberlakuan peraturan ini sekaligus mencabut Permendagri Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah yang baru berusia setahun Sedangkan Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 merupakan Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur adalah penggolongan, pemberian kode, dan daftar penamaan terkait perencanaan dan keuangan daerah yang disusun secara sistematis sebagai pedoman dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah dan keuangan daerah.

Menindak Lanjuti Keputusan Mentri Dalam Negeri Nomor 050-3708 Tahun 2020 Tentang Hasil Verifikasi dan Validasi Pemutakhiran Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, Sehingga Pemerintah daerah melakukan kegiatan tersebut diruangan aula BPKAD. Kab. Buol yang diikuti beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Buol Salah Satunya Bapenda Kab. Buol.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut yang dipimpin langsung oleh kepala Bappeda Kab. Buol An. Ibrahim Rasyid Menyampaikan kedepan, seluruh Pejabat Struktural dapat menginput langsung kegiatan dan Sub. Kegiatan sesuai kebutuhan OPD. maka Sistem Informasi Pemerintah Daerah ini kemudian harus dioperasionalkan oleh seluruh sektor perangkat yang ada dikabupaten buol.

Kepala Badan serta seluruh Pejabat Struktural yang ada di internal Bapenda Kab. Buol terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, sebab, harus mampu menyesuaikan dengan aturan dan tuntutan dalam penguasaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, sehingga dalam pengimplementasian penyusunan program kegiatan berdasarkan kebutuhan bidang atau sub. bidang.

Kepala Bapenda Kab. Buol An. Wahyu Setiabudi mengatakan, Kegiatan ini sangat penting untuk kemudian dapat menyelaraskan program kegiatan berdasarkan kebutuhan Bapenda dalam mempermudah penyusunan RKPD tahun 2021 dan meningkatkan pembangunan daerah, pun juga Permendagri No.70 Tahun tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah ini adalah adanya sistem terpadu yang  terintegritas mencakup seluruh data pembangunan Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam satu platform berbasis elektronik yang terdiri dari tiga informasi utama yakni Informasi Pembangunan Daerah, Informasi Keuangan Daerah dan Informasi Pemerintah Daerah lainnya.

kemudian Bapenda Kab. Buol juga mendukung penuh atas keberhasilan Pemerintah Daerah untuk Capaian yang tertuang dalam MCP KPK, Khususnya pada Intervensi perencanaan Penganggaran APBD yang terintegrasi hal ini juga selaras dengan semangat Perpres Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) yang meminta seluruh Pemda untuk mengintegrasikan antara sistem perencanaan dan sistem penganggaran pemerintah daerah dalam rangka efisiensi dan efektifitas tata kelola pemerintahan.

Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Buol pada Triwulan III berada di urutan dua sesulawesi tengah, capaian inilah yang kemudian perlu diapresiasi dan perlu ditingkatkan hingga menduduki prestasi paling tinggi sesulawesi tengah.

Bapenda Mengikuti Penggunaan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Kabupaten Buol