Selamat datang di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Buol

  • 0852 4032 6060
  • bapenda@buolkab.go.id

Rapat Koordinasi Bapenda Kab. Buol dan Bank Sulteng tentang Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD)

Rapat Koordinasi Secara Virtual Bapenda Kab. Buol dan Bank Sulteng tentang Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD)

Rabu, 18 Agustus 2021, Bertempat di Aula Kantor Bapenda Kab. Buol

Turut Hadir, Kepala Badan Bapenda, Kepala Bidang Perbendaharaan BPKAD, Kepala Bank Sulteng, Cab. Buol, Pegawai Tekhnis Bank Sulteng, Devisi Teknologi Informasi (TI) Bank Sulteng.

Dalam Kesempatan Rapat tersebut Kepala Badan, Memaparkan Materi Secara umum aturan dan implementasi elektrifikasi transaksi pemerintah daerah (ETPD).

Selain menjabarkan aturan secara umum juga kepala badan menyampaikan apresiasi kepada Bank Sulteng yang selama ini menjadi mitra kerja dalam perkembangan penggunaan elektronik untuk mendorong peningkatan pendapatan asli daerah khususnya di sektor pajak dan retribusi.

Menurut Kepala Badan, Wahyu Setyabudhi, S.H dengan kerjasama ini juga mempermudah bagi wajib pajak untuk dapat membayar pajak, juga sebagai bentuk dukungan mengimplementasikan bagian dari zona integritas.

Bank Sulteng merupakan lembaga Keuangan tempat pembayaran pajak dan retribusi, sebab Bapenda kab. buol saat ini tidak lagi menerima uang tunai maka pembayarannya langsung ke Bank.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya korupsi seperti sebagaimana dalam pidato pada saat pencanangan zona integritas, maka segala bentuk pembayaran pajak dan Retribusi langsung melalui Bank Sulteng. Ungkap Kepala Badan, Wahyu Setyabudhi, S.H

Untuk diketahui sejak tahun 2019, Bank Sulteng sebagai Fasilitator Alat Cash Register untuk Objek Pajak Hotel dan Restoran.

Harapan besar kepada Bank Sulteng agar terus menjadi mitra yang dapat berinovasi membantu kemajuan penggunaan elektronik di Kabupaten Buol, seperti di beberapa daerah lainnya yang sudah memanfaatkan Android dengan menggunakan Qris untuk menunaikan kewajibannya sebagai wajib pajak.

Era digitalisasi ini menjadi salah satu Focus Program pemerintah pusat untuk terus memanfaatkan dan mengembangkan inovasi yang dapat mempermudah pelayanan pada masyarakat.

Selanjutnya dalam waktu yg tidak terlalu lama Divisi TI Bank Sulteng dan Tim Teknis Bapenda Kab Buol akan melakukan tindaklanjut dari rapat koordinasi tersebut.

Terakhir sebagai penutup, Devisi Teknologi Informasi (TI) Bank Sulteng dan Pimpinan Bank Sulteng, Cab. Buol, mengucapkan Terima kasih Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Buol (Bupati), Juga Kepada Pak Kasim Ali dan Pak Wahyu Setyabudhi, S.H yang sudah memberikan saran dan masukan yang baik untuk dapat membantu mengembangkan program Bank Sulteng.

Rapat Koordinasi Bapenda Kab. Buol dan Bank Sulteng tentang Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD)