Selamat datang di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Buol

  • 0852 4032 6060
  • bapenda@buolkab.go.id

Rapat Pembahasan Persiapan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Retribusi Bangunan Gedung

Rapat pembahasan Persiapan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Buol tentang Persetujuan Bangunan Gedung.

28 Juli 2021, Bertempat di aula Kantor Bapenda Kab. Buol.

Rapat tersebut terlaksana berdasarkan undangan rapat nomor : 005/97.43/Bapenda/2021 yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah, Drs. Mohammad Suprizal Jusuf., M.M dan di hadiri Kepala Dinas PUPR Kab. Buol, Kepala Bapenda Kab. Buol, Kepala Dinas DPMPTSP Kab. Buol, dan Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Buol.

Menindaklanjuti Peraturan Pemerintah (PP) Nomor : 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksaan Undang-undang Nomor : 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, Maka dipandang perlu Pemerintah Daerah segera merancang Peraturan Daerah sebagai Upaya menyelaraskan aturan yang berlaku di tingkat daerah Kabupaten/kota.

Secara Hierarki peraturan tersebut harus disusun berdasarkan aturan tertinggi yang kemudian diselaraskan dengan menggunakan pendekatan teritorial daerah masing-masing yang tetap berdiri pada aturan perundangan.

Semangat UU 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung didalamnya mengatur tentang fungsi bangunan gedung, persyaratan bangunan gedung, penyelenggaraan bangunan gedung, termasuk hak dan kewajiban pemilik dan pengguna bangunan gedung pada setiap tahap penyelenggaraan bangunan gedung, ketentuan tentang peran masyarakat dan pembinaan oleh pemerintah, dan sanksi.

Maksud dan tujuan pengaturan tersebut dilandasi oleh asas kemanfaatan, keselamatan, keseimbangan, dan keserasian bangunan gedung dengan lingkungannya, bagi kepentingan masyarakat yang berperikemanusiaan dan berkeadilan.

Dengan Hadirnya Peraturan Daerah tentang Retribusi Bangunan Gedung ini, maka semua penyelenggaraan bangunan gedung baik pembangunan maupun pemanfaatan, yang dilakukan di wilayah Kabupaten Buol baik dilakukan oleh Perusahaan Swasta, masyarakat, serta oleh pihak Lainnya, wajib mematuhi seluruh ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Daerah tentang Retribusi Bangunan Gedung.

Hal ini dilaksanakan demi kemajuan pembangunan daerah Kabupaten Buol yang berdaya saing serta mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Rapat Pembahasan Persiapan Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Retribusi Bangunan Gedung